Abstract:
Sistem pemesanan menu makanan yang ada di kantin President University
masih menggunakan cara pengerjaan manual dalam pelayanannya. Maka perlu sebuah
sistem yang dapat membantu kantin dapat berinteraksi dengan pembeli baik dalam hal
komunikasi dan transaksi. Dengan pertimbangan tersebut, penulis membuat sebuah
sistem “E-Kantin Berbasis Web”. Agar memperoleh hasil maksimal untuk pengguna
sistem yang bisa dengan mudah memperoleh informasi yang akurat dimanapun mereka
berada. Maka sistem berbasis web yang responsive pada tampilan browser handphone
menjadi pilihan utama. Dengan begitu, proses pembelian dan penjualan ini tidak
terhalang dengan masalah jarak dan waktu. Aplikasi dibuat meliputi proses awal
penjualan sampai akhir pembayaran, baik pembayaran dengan cash atau dengan saldo.
Sistem ini dapat menghubungkan tiga pengguna, diantaranya adalah admin, toko dan
pelanggan. Admin dapat dengan mudah mengontrol dan mengupdate data secara
realtime, toko dapat mengupdate data menu, menerima pesanan dan melihat laporan
transaksi penjualan. Terakhir, pelanggan dapat dengan mudah melihat informasi daftar
makanan dan minuman yang dijual serta melakukan pemesanan.