Abstract:
Departemen Pembelian merupakan bagian yang penting dalam sebuah perusahaan jika dikaitkan dengan pengadaan barang karena tanpa adanya Departemen Pembelian kelangsungan operasional perusahaan bisa terganggu. PT. NOP Indonesia sebagai perusahaan manufaktur yang memproduksi berbagai macam kemasan fine fleksibel berbahan dasar resin(biji plastik) membutuhkan sebuah sistem yang dapat mengontrol ketersediaan bahan baku, alat kebutuhan produksi dan alat kebutuhan kantor untuk penunjang bisnis dan kelangsungan operasional perusahaan.
Berdasarkan kebutuhan tersebut maka diputuskanlah untuk membuat sebuah Sistem Manajemen Pembelian yang dapat membantu pekerjaan di Departemen Pembelian yang dirancang menggunakan menggunakan metode Waterfall Development Model, kemudian untuk pengembangan Aplikasi menggunakan Bahasa pemrograman VB.Net dengan database MySQL, dan Crystal Report untuk pembuatan laporan.
Tujuan dibuatnya sistem ini adalah untuk memudahkan dalam melakukan pembelian barang/item, membantu mengelola dan mengontrol data PR (Purchase Requisition) dan PO (Purchase Order) yang sedang berjalan, serta memastikan bahwa barang/item yang dipesan telah diterima tepat waktu dan sesuai jumlah yang dipesan. Manfaat lain yang didapatkan adalah membantu Manager Purchasing dalam melakukan kontrol dan persetujuan terhadap dokumen pembelian juga membantu Departemen lain untuk mengajukan PR (Purchase Requisition) menjadi lebih mudah.