Abstract:
PT Indomarco Prismatama (Indomaret) Cabang Bekasi yang berlokasi di kawasan Industri Jababeka, Cikarang, Indonesia adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang ritel menjual produk-produk yang digunakan oleh masyarakat sehari-hari. Masalah yang ada saat ini di PT. Indomarco Prismatama Cabang Bekasi adalah proses pendataan komputer rusak yang datang untuk diperbaiki dicatat menggunakan kertas lalu datanya dipindahkan kedalam aplikasi Microsoft Excel kemudian dicetak. Lalu komputer yang rusak diserahkan ke bagian EDP (Entry Data Processing).
Dalam sistem ini harusnya sudah menggunakan komputerisasi data dalam hal pendataan komputer yang akan diperbaiki supaya ada riwayat perbaikan atau penggantian sparepart. Salah satu solusinya adalah membuat sistem pengolahan data komputer rusak dan komputer selesai diperbaiki agar terpantau dengan baik. Dengan jumlah komputer yang terus bertambah, saat ini, pengunaan aplikasi Microsoft Excel kurang maksimal dalam pengolahan data. Salah satunya adalah data yang tidak tersinkronisasi antar departemen, berujung pada kesulitan untuk mengetahui status komputer yang sedang diperbaiki.
Tujuan dari penelitian ini adalah membuat Sistem Informasi Pendataan Komputer Rusak yang dapat memudahkan store untuk memperbaiki komputer rusak dan pelacakan komputer yang sedang diperbaiki sudah sampai mana tahap perbaikan nya serta memudahkan bagian GA dalam melakukan pencatatan perbaikan komputer.