Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah menilai kemampuan karyawan dalam menyesuaikan diri terhadap perubahan sistem yaitu antara lain penyesuaian pengetahuan terkait perubahan sistem, pemahaman mengenai sistem yang digunakan, waktu yang dibutuhkan untuk menyesuaikan perubahan sistem, serta dampak dari perubahan sistem apakah terjadi pengurangan karyawan atau perubahan struktur organisasi.
Metode penelitian menggunakan penelitian kepustakaan dan penelitian langsung ke perusahaan.
Dari hasil analisis dan evaluasi yang diperoleh bahwa karyawan memiliki pengetahuan yang cukup baik untuk dapat menyesuaikan perubahan sistem yang ada. Sehingga pemahaman dan waktu yang dibutuhkan untuk beradaptasi lebih cepat. Sedangkan dampak dari perubahan sistem yang ada adalah terjadinya perubahan struktur organisasi perusahaan bukan pengurangan karyawan. Akan tetapi, dari hasil jawaban pertanyaan yang diajukan kepada perusahaan sistem ini memiliki kendala di jaringan internet. Hal ini membuat pekerjaan menjadi tidak efektif dan efisien. Karyawan harus melakukan input data secara manual sebagai back up bila sistem mengalami gangguan.
Jaringan internet yang sering mengalami gangguan sebaiknya mendapat perhatian khusus dari perusahaan. Ini berguna untuk meningkatkan kinerja dalam mencapai tujuan organisasi.