Abstract:
PT. Calpis Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang manufakturing beverage atau FMCG (fast moving consumer good). Informasi barang masih dicatat pada selembar kertas kemudian baru disalin kembali ke komputer oleh bagian staff tersebut. Departemen Pemasaran Calpis mengelola seluruh barang promosi yang diberikan saat event-event atau kepada toko-toko yang menjual produk Calpis. Sehingga terkadang mengalami kesulitan dalam perhitungan barang dan untuk mengetahui informasi stok terkadang informasi yang diberikan tidak sesuai dengan dengan ketersediaan barang yang ada di Gudang.
Tujuan penelitian ini adalah membuat suatu Sistem Informasi Inventori barang milik pemasaran yang nantinya dapat mengelola barang masuk dan keluar, stok barang, data permintaan, serta pengiriman. Sistem Informasi yang dihasilkan pada perancangan ini dapat mengelola data barang masuk dan keluar, stok barang, data permintaan, data pengiriman, serta adanya cetak form otomatis untuk data permintaan barang yang nantinya dapat dijadikan sebagai persetujuan oleh manager terkait.