President University Repository

ANALISIS PENILAIAN WISATAWAN MANCANEGARA TERHADAP LOYALITAS WISATA BELANJA DI KOTA BANDUNG

Show simple item record

dc.contributor.author Rahmiati, Filda
dc.contributor.author Norfaridatul Akmaliah Othman
dc.contributor.author Grace Amin
dc.date.accessioned 2021-09-08T08:42:20Z
dc.date.available 2021-09-08T08:42:20Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.issn 2541-3406
dc.identifier.uri http://repository.president.ac.id/xmlui/handle/123456789/4098
dc.description Makalah dipresentasikan pada Conference on Management and Behavioral Studies. Universitas Tarumanegara, Jakarta, 25 Oktober 2018. en_US
dc.description.abstract Belanja menjadi komponen rantai pariwisata yang semakin relevan. Belanja telah menjadi faktor penentu yang mempengaruhi pilihan tujuan, komponen penting dari keseluruhan pengalaman perjalanan dan, dalam beberapa kasus, motivasi perjalanan utama. Dengan adanya keinginan untuk berbelanja, pengembangan pariwisata belanja adalah fenomena yang menarik perhatian para pembuat kebijakan, akademisi dan pemimpin bisnis di seluruh dunia. Kota Bandung, sebagai salah satu kota yang disebut "surga belanja" telah menarik banyak wisatawan mancanegara (wisman). Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisa penilaian wisatawan mancanegara terhadap loyalitas wisata belanja di Kota Bandung. Dimensi penilaian wisatawan yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan pada dimensi MALLVAL untuk melihat pengaruh terhadap Loyalitas wisman dengan melalui Kepuasan wisman. Penelitian ini dilakukan di beberapa pusat perbelanjaan yang tersebar di Kota Bandung dengan menggunakan survey kuesioner yang diberikan langsung kepada wisman juga menggunakan media elektronik kepada wisman yang pernah berkunjung ke Kota Bandung dengan tujuan berbelanja atau tujuan lain tetapi juga melakukan aktifitas berbelanja. Analisa data dilakukan pada 103 wisman dan di uji menggunakan software SPSS versi 22.0. Penelitian ini melakukan uji validitas dan reliabilitas yang kemudian dilanjutkan dengan pengujian hipotesis dengan menggunakan analisa Regresi Linear Berganda, uji T, uji F,dan R2. Hasil dari penelitian ini lulus dari uji validitas dan reliabilitas yang kemudian dilanjutkan pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa empat hipotesis memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan wisman dan kepuasan wisman memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas wisman. Ke empat hipotesis yang signifikan adalah nilai Hedonis, nilai Interaksi Sosial, Nilai Kenyamanan Waktu terhadap Kepuasan wisman, dan Kepuasan wisman terhadap Loyalitas wisman. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Program Studi Sarjana Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanagara en_US
dc.subject wisata belanja en_US
dc.subject penilaian pelanggan en_US
dc.subject kepuasan pelanggan en_US
dc.subject loyalitas pelanggan en_US
dc.title ANALISIS PENILAIAN WISATAWAN MANCANEGARA TERHADAP LOYALITAS WISATA BELANJA DI KOTA BANDUNG en_US
dc.type National Papers en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Advanced Search

Browse

My Account