dc.description.abstract |
Pengukuran kinerja pada perusahaan sangatlah penting. Dibutuhkan pengukuran untuk dapat menganalisis kinerja pada PT. XYZ dan melakukan perbaikan untuk kinerja yang lebih baik. Berdasarkan observasi dan data, PT. XYZ mengalami pemutusan kontrak kerja sama sebanyak 4% dari 129 pelanggan, hal seperti ini perlu dilakukan pengukuran kinerja pada masing-masing indikator yang telah disepakati bersama, yang menyatakan bahwa indikator tersebut merupakan indikator yang sangat berpengaruh bagi perusahaan yaitu kualitas, pengiriman dan fleksibilitas, adapun sub-kriteria pada masing-masing kriteria yaitu order tanpa cacat, jumlah kasus per-komplain, kesesuaian PO, dokumen handling, ketepatan pengiriman, on time delivery, perencanaan, penanganan komplain. Kemudian dilakukan pembobotan dengan hasil kuesioner yang diisi oleh dua orang pengambil keputusan dengan syarat nilai inconsistency adalah ≤ 10%. Kemudian dilakukan analisis dan didapatkan prioritas dengan bobot kualitas 0,42, pengiriman 0,45, dan fleksibilitas 0,13, adapun pembobotan pada sub-kriteria. Kemudian dilakukan pengukuran pada masing-masing kriteria setelah itu akan dilanjutkan dengan perhitungan penggabungan antara pembobotan dan hasil penilaian kinerja perusahaan. dari hasil perhitungan tersebut akan diketahui kriteria mana saja yang menjadi prioritas perbaikan yaitu faktor pengiriman karena hasil penilaian kerja secara partial dari bulan Juli sampai dengan Desember 2014 mengalami penurunan sebesar 18.15%. Dengan melakukan analisis penyebab penurunan dengan menggunakan fishbone diagram, kemudian diusulkan perbaikan. |
en_US |