dc.contributor.author |
Alsya, Rafli Nurul |
|
dc.date.accessioned |
2025-05-22T02:36:05Z |
|
dc.date.available |
2025-05-22T02:36:05Z |
|
dc.date.issued |
2024 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.president.ac.id/xmlui/handle/123456789/12787 |
|
dc.description.abstract |
PT. CNK merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri manufaktur
otomotif. Produk yang dibuat yaitu komponen otomotif seperti suku cadang dengan
berbahan dasar plat besi dan pipa besi. Perusahaan juga memiliki tugas penting
dalam menajaga kepuasan pelanggan dengan memberikan kualitas produk yang
terbaik, akan tetapi dalam proses produksi permasalahan kualitas menjadi hal yang
sering muncul dan menjadi hambatan dalam mencapai target efesiensi serta
keterlambatan Delivery kepada pelanggan. Dari catatan laporan produksi untuk
periode bulan Januari 2023 sampai dengan April 2023 di PT. CNK terjadi
peningkatan cacat yang banyak ditemukan pada produk Nut Comp yaitu dengan
rata-rata persentase cacat 4% per bulan dari jumlah produksi. Sedangkan
perusahaan mempunyai standar persentase cacat dari jumlah produksi yang
diharapkan sebesar 1,5% per bulan. Dari permasalahan tersebut didapati tujuan
untuk mengetahui jenis cacat yang sering terjadi pada produk Nut Comp,
mengetahui faktor penyebab terjadinya cacat yang sering terjadi pada produk Nut
Comp dan melakukan perbaikan untuk mengurangi jumlah cacat pada produk Nut
Comp dengan menggunakan metode Quality Control Circle (QCC). Hasil dari
pengolahan data telah menghasilkan beberapa usulan dan solusi perbaikan serta
proses kontrol yang perlu dilakukan. Perbaikan yang dilakukan meliputi
memindahkan proses embosh pada proses Pressing 4 ke Pressing 2 dengan
melmodifikasi Dies Bending 1serta membuat WI baru dan Daily Check Sheet lalu
melakukan sosialisasi dan edukasi menjalankannya. Dengan hasil dari perbaikan
tersebut menghasilkan penurunan jumlah produk cacat yang sering terjadi sebesar
91% dan penurunan rata-rata persentase cacat menjadi 0,8% dari persentase cacat
sebelumnya sebesar 4%. |
en_US |
dc.language.iso |
id |
en_US |
dc.publisher |
President University |
en_US |
dc.relation.ispartofseries |
Industrial Engineering;004202005006 |
|
dc.subject |
Kualitas produk |
en_US |
dc.subject |
Quality Control Circle (QCC) |
en_US |
dc.subject |
Flowchart |
en_US |
dc.subject |
QCC Seven Tools |
en_US |
dc.subject |
5W+1H |
en_US |
dc.subject |
Why-why Analysis |
en_US |
dc.title |
MENGURANGI CACAT PADA PRODUKSI PART NUT COMP DENGAN IMPLEMENTASI METODE QUALITY CONTROL CIRCLE DI PT. CNK |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |