dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran pada PT. Komatsu Undercarriage Indonesia khususnya Strategi bauran pemasaran (Marketing Mix) yang diterapkan perusahaan. Kemudian untuk mengetahui hasil analisa Kekuatan (Strength), Kelemahan (Weakness), Peluang (Opportunities), dan Tantangan (Threat) serta gambaran strateginya sehingga dapat diaplikasikan untuk peningkatan penjualan produk. Dengan menggunakan teknik Analisis Lingkungan Internal dan Eksternal Perusahaan, Analisis SWOT, Matrik SWOT dan diagram cartecius serta Analisis Strategi generik Porter. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu studi kasus yang menghasilkan data-data deskriptif yang dituangkan dalam kata-kata. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini penulis melakukan wawancara dengan Marketing Deputy General Manager yaitu Bapak Henry Yandi dan dilengkapi dengan data-data penjualan beberapa tahun kebelakang serta beberapa hasil kunjungan ke pelanggan. Kesimpulan dari analisis yang dilakukan pada strategi pemasaran PT. Komatsu Undercarriage Indonesia adalah perusahaan telah menjalankan strategi pemasaran dengan benar dan tepat dan pada perhitungan analisis SWOT yang dituangkan pada diagram cartesius berada di posisi kuadran III yaitu Turnaround. Yang mana Komatsu Undercarriage Indonesia memiliki kelemahan internal yang harus segera dipebaiki agar bisa bersaing dengan pesaingnya, dan memanfaatkan peluang dan kekuatan yang ada sebesar-besarnya dalam mengembangkan produk yang sesuai dengan permintaan pelanggan, serta perushaan diharapkan lebih mengutamakan ke strategi overall cost leadership atau strategi keunggulan biaya rendah dalam analisis Porter Generic Strategy. |
en_US |