dc.description.abstract |
Skripsi ini membahas mengenai kajian teoritis dan komputasional terkait dengan bracket engine mounting yang mengalami crack pada beban 38000 Newton. Untuk itu laporan skripsi ini diberi judul “Analisis Tegangan pada Bracket Engine Mounting Berdasarkan Geometri Reverse Engineering”. Reverse engineering adalah sebuah proses dalam bidang manufacturing bertujuan untuk mereproduksi atau membuat ulang model yang sudah ada. Terdapat tiga tahapan dalam proses penelitian ini, yaitu data acquisition, 3D modeling dan analisis design. Product yang dianalisis mempunyai karakter warna yang shine, sehingga tidak dapat ter-capture oleh kamera scanner pada saat proses 3D scanning, untuk itu diperlukan coating agar dapat tercapture, yaitu dengan menerapkan developer. Hasil dari data acqusition berupa 3D produk dalam format .stl. Dari data ini dilakukan pembuatan 3D model, tingkat penyimpangan menunjukkan kualitas design dari hasil 3D modeling. Penyimpangan terbesar adalah -0.8 mm pada bagian potongan runner. Gemoteri 3D bracket kemudian dilakukan analisis design dengan menggunakan metode elemen hingga dengan bantuan perangkat lunak. Untuk pengujian material bracket dengan menggunakan spectrometer, jenis materialnya adalah alumunium AC4CH. Analisis pengujian tegangan pada bracket menunjukan terdapat konsentrasi tegangan pada bagian tengah dan area sekitar lubang baut, hal ini dapat menyebabkan potensial crack. |
en_US |