Abstract:
Penelitian yang bertujuan untuk melihat pengaruh kepercayaan diri, kurikulum kampus, dan pengaruh sosial terhadap minat mahasiswa dalam berwirausaha dengan dimediasi oleh pengaruh sosial di Universitas President. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dimana menganalisis data menggunakan perhitungan statistic. Teknik pengumpulan data dengan cara menyebarkan kuesioner online kepada responden melalui google from. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa aktif Universitas President sebanyak 152 orang. Analisis data pada penelitian ini menggunakan perangkat lunak SmartPLS v 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan diri (X1) memiliki pengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa berwirausaha (Z). Kurikulum kampus (X2) juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat mahasiswa berwirausaha (Z). Selain itu, pengaruh sosial (Y) juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat mahasiswa berwirausaha (Z). Namun, tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara kepercayaan diri (X1) dan pengaruh sosial (Y), serta antara kurikulum kampus (X2) tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap pengaruh sosial (Y). Penelitian ini memberikan wawasan tentang faktor-faktor yang memengaruhi minat berwirausaha mahasiswa dan dapat menjadi dasar untuk pengembangan program pendidikan yang mendukung kewirausahaan di kampus.