Abstract:
Rekrutmen menjadi sumber perusahaan dalam mendapatkan sumber daya manusia
yang kompeten, bersamaan dengan hal tersebut minat melamar pekerjaan menjadi
topik yang berkaitan erat mengenai kesuksesan rekrutmen. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui e-Recruitment, dan kompensasi terhadap reputasi perusahaan
dan minat melamar pekerjaan. Populasi dalam penelitian ini merupakan
freshgraduate di Kota Bekasi yang berjumlah 115 sampel menggunakan non
probability sampling dengan metode purposive sampling. Metode pengumpulan
data dengan kuesioner yang diberikan kepada sampel penelitian. Analisis jalur
digunakan dalam penelitian ini dengan bantuan software IBM SPSS Versi 20. Hasil
dalam penelitian ini menunjukan bahwa e-Recruitment, dan kompensasi
berpengaruh positif dan signifikan terhadap reputasi perusahaan, e-Recruitment,
kompensasi, dan reputasi perusahaan juga berpengaruh positif dan signifikan
terhadap minat melamar pekerjaan pada freshgraduate di Kota Bekasi, hasil path
analisis menemukan bahwa reputasi perusahaan mampu memediasi pengaruhi e-
recruitment dan kompensasi pada minat melamar pekerjaan. Hasil penelitian ini
menyarankan kepada perusahaan untuk menerapkan e-Recruitment. perusahaan
juga disarankan untuk memperhatikan reputasi mereka. Selanjutnya Perusahaan
perlu memperhatikan kompensasi yang ditawarkan. Untuk penelitian selanjutnya
diharapkan dapat menggunakan menggunakan sampel yang lebih fokus terhadap
pelaku usaha yang sudah cukup lama melakukan usaha tersebut sehingga informasi
yang didapatkan lebih relevan, Selain itu peneliti selanjutnya juga disarankan untuk
lebih meneliti variabel orientasi pelanggan, karena dari hasil analisis deskriptif
variabel tersebut masih memiliki nilai yang paling rendah dibandingkan variabel
yang lain.