Abstract:
Provinsi Jawa Barat merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki
beberapa kawasan Industri. Kebutuhan perusahan akan barang-barang pendukung
perusahaan menjadi pasar yang besar untuk perusahaan pemasok barang-barang umum.
Laporan tugas akhir ini akan membahas sebuah perusahaan rintisan yang bergerak dalam
bidang penyedia barang-barang umum kebutuhan perusahaan seperti alat pelindung diri
(APD), alat tulis kantor (ATK), dan berbagai kebutuhan umum perusahaan. Perusahaan
tersebut adalah PT Hayamaru Indonesia Maju.
Sebagai perusahaan rintisan, ada beberapa masalah yang dihadapi oleh PT HIM
dalam melakukan penetrasi pasar. Tugas akhir ini membahas tentang bagaimana PT HIM
menghadapi dan menyelesaikan permasalahan yang dihadapi dengan menggunakan
pendekatan analisa SWOT, IFAS, EFAS, TOWS Matrix.
PT HIM menjalankan strategi penetrasi pasar dengan cara fokus memenuhi
keinginan pelanggan dari segi Quality, Cost, and Delivery (QCD). Untuk memenuhi
QCD yang diinginkan pelanggan, PT HIM memperkuat manajemen rantai pasok dan
penetapan harga jual.
Tugas akhir ini diharapkan dapat berguna untuk pelaku bisnis pemasok barang-
barang umum atau General Supplier. Diharapkan laporan ini memberikan pemahaman
yang lebih baik tentang strategi penetrasi pasar dengan memanfaatkan kekuatan
perusahaan dalam mengambil opportunity dan meghadapi tantangan yang ada.