Abstract:
Shopee sebagai pasar online teratas dalam kategori business-to-consumer (B2C),
sesuai survei pelanggan yang mengukur kesadaran, kepuasan, dan kepercayaan top-
of-mind konsumen. Shopee adalah situs pilihan yang direkomendasikan oleh
konsumen. Bagian Fashion sangat populer, dengan sepatu menjadi salah satu
produk yang paling laris. Tren ini menunjukkan pergeseran perilaku pembelian
konsumen dari gerai tradisional, toko, dan mall ke platform online. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk melakukan analisis pengaruh faktor budaya, sosial,
pribadi, dan psikologis terhadap pembelian sepatu online, baik secara individu
maupun secara keseluruhan. Penelitian ini bersifat eksplanatori dan menggunakan
metodologi kuantitatif. Target audiens untuk penelitian ini terdiri dari individu yang
telah membeli alas kaki secara online setidaknya satu kali. Besar sampel terdiri dari
103 partisipan dan data dikumpulkan melalui purposive sampling dan kuesioner
online. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan regresi berganda sebagai
metode analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor seperti
pengaruh budaya, sosial, pribadi, dan psikologis memainkan peran penting dalam
proses pengambilan keputusan pembelian sepatu secara online.