President University Repository

KONSUMSI BERSIFAT KOMPENSASI PADA PEMBELIAN PRODUK RAMAH LINGKUNGAN

Show simple item record

dc.contributor.author Purba, Febrina Br
dc.date.accessioned 2025-05-14T05:09:58Z
dc.date.available 2025-05-14T05:09:58Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.uri http://repository.president.ac.id/xmlui/handle/123456789/12692
dc.description.abstract Perilaku mengkompensasi tindakan yang tidak sesuai dengan idealisme individu dengan membeli produk ramah lingkungan merupakan fenomena yang dapat ditemui dalam masyarakat sebagai cara untuk merasa lebih baik secara moral. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi dasar yang mendorong konsumen dalam melakukan konsumsi bersifat kompensasi pada produk ramah lingkungan di Indonesia. Dalam penelitian ini menggunakan desain penelitian fenomenologi. Data untuk penelitian ini diperoleh melalui wawancara semi-terstruktur dari 22 narasumber dengan latar belakang yang berbeda-beda. Berdasarkan hasil penelitian ini, ditemukan bahwa pembelian produk ramah lingkungan merupakan bentuk mekanisme kompensasi yang bertujuan untuk menunjukkan citra diri, mengurangi perasaan bersalah, memperjelas identitas diri, dan merasa lebih aman dari karma buruk. Studi ini berkontribusi pada penemuan alasan dari fenomena perilaku konsumsi produk ramah lingkungan yang berguna untuk mengembangkan strategi pemasarannya. en_US
dc.language.iso en_US en_US
dc.publisher President University en_US
dc.relation.ispartofseries Management;014202305050
dc.subject Konsumsi Kompensasi en_US
dc.subject Ramah Lingkungan en_US
dc.subject Motivasi Dasar en_US
dc.title KONSUMSI BERSIFAT KOMPENSASI PADA PEMBELIAN PRODUK RAMAH LINGKUNGAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Advanced Search

Browse

My Account