Abstract:
Sumber daya manusia (SDM) berperan aktif sebagai komponen penting yang perlu
dikelola seiring dengan berkembangnya strategi perusahaan. Sumber daya manusia
(SDM) adalah salah satu aset utama yang mendukung tercapainya tujuan perusahaan.
Hal ini tentu menjadi tantangan bagi divisi HR untuk mendapatkan dan meningkatkan
keinginan (intensi) calon-calon SDM yang berpotensi untuk ikut serta berkontribusi di
perusahaan. Terdapat banyak hal yang mempengaruhi intensi sumber daya manusia
yang berpotensial dari berbagai generasi di dunia kerja. Salah satu generasi yang akan
mulai mendominasi dunia kerja dalam beberapa tahun ke depan adalah generasi Z.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari tiga variabel bebas yaitu reputasi
perusahaan, kompensasi, dan fleksibilitas kerja terhadap satu variabel terikat yaitu
keinginan melamar pekerjaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif
dengan metode survey melalui penyebaran kuesioner. Objek yang digunakan adalah
generasi Z di Karawang yang memenuhi syarat usia kerja dengan total sampel 160
responden. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda yang didukung
dengan software IBM SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1)
Reputasi Perusahaan berpengaruh positif dan berpengaruh secara signifikan terhadap
Keinginan Melamar Pekerjaan; 2) Kompensasi berpengaruh positif dan berpengaruh
secara signifikan terhadap Keinginan Melamar Pekerjaan; 3) Fleksibilitas Kerja
berpengaruh positif dan berpengaruh secara signifikan terhadap Keinginan Melamar
Pekerjaan. Kemudian, hasil uji F simultan menunjukkan bahwa variabel Reputasi
Perusahaan, Kompensasi, Fleksibiitas Kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan
secara bersama-sama terhadap Keinginan Melamar Kerja bagi Gen Z di Karawang.