Abstract:
Pandemi COVID-19 memberikan dampak yang signifikan terhadap usaha Mikro, Kecil, dan
Menengah (UMKM) di Indonesia. Para pelaku UMKM dipaksa untuk menyelami
transformasi digital agar bertahan. Mempertimbangkan keefektifan dan fleksibilitas, bisnis
digital secara khusus platform niaga elektronik terus berkembang dalam penggunaannya
bahkan pasca pandemi. Sementara banyak pelaku UMKM belum memiliki pengetahuan dan
kemampuan digital yang mumpuni. Oleh karena itu, proyek ini bertujuan untuk menyediakan
pengetahuan tingkat dasar tentang bisnis digital kepada para pelaku UMKM, dan membekali
mereka dengan kemampuan praktis dalam mengoperasikan bisnis digital melalui platform
e-niaga, khususnya Shopee. Metode workshop dan modul digunakan untuk meingplementasi
proyek ini yang mana mencakup pembelajaran campuran dalam membantu para pelaku
UMKM mendaftarkan usaha mereka di sebuah e-commerce, dan secara tidak langsung
mendamping proses pembelajaran dari rumah. Proyek ini menghasilkan peningkatan
pengetahuan dasar pelaku UMKM tentang digitalisasi usaha dan kemampuan praktis mereka
dalam memulai bisnis digital melalui platform dagang elektronik, dan juga membuat mereka
lebih optimis untuk bersaing di era bisnis digital. Memang proyek ini telah berhasil
mencapai target yang diharapkan. Namun, pendampingan tingkat lanjut dibutuhkan untuk
memperlengkapi proses pembelajaran para pelaku UMKM, dan semakin meningkatkan
kemampuan mereka di area spesifik lainnya dari digitalisasi usaha.