Abstract:
Penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi orang tua dalam
memilih SMP IT AL-Fawwaz. Permasalahan penelitian ini adalah orang tua memerlukan pelayanan yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran dan pendidikan anaknya. Dalam penelitian ini diajukan model penelitian untuk menganalisis keputusan pembelian atau memilih SMP IT AL-Fawwaz dengan menguji faktor-faktor yang mempengaruhinya yaitu produk, proses, harga dan tempat. Penelitian ini menggunakan sampel 100 orang, yang merupakan orang tua siswa SMP IT AL-Fawwaz. Alat analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda pada program SPSS. Kesimpulan yang diambil secara parsial adalah variabel produk, proses dan harga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan variabel tempat tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan variabel produk, proses, harga dan tempat berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
Berdasarkan tabel koefisien korelasi diperoleh angka Adjuster R2 52,3%, hal ini
menunjukkan bahwa prosentase sumbangan pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 52,3%, sedangkan sisanya sebesar 47,7%dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.