dc.description.abstract |
Berdasarkan Index Top Brand Hypermarket 2014 terlihat bahwa Giant terus mengalami pertumbuhan dibandingkan dengan market leadernya.Hal ini terkait dengan masyarakat dalam hal melakukan keputusan pembelian.Ada beberapa faktor yang mempengaruhi seseorang dalam melakukan keputusan pembelian. Sehingga penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pekerjaan dan lingkungan ekonomi, gaya hidup persepsi, dan motivasi terhadap keputusan pembelian dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah masyarakat yang telah melakukan kunjungan di Giant Ekstra Jababeka Cikarang, Bekasi dengan jumlah responden 100 orang.Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda.Berdasarkan uji t diketahui variabel pekerjaan dan lingkungan ekonomi terbukti tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel gaya hidup terbukti berpangaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, kemudian variabel persepsi terbukti berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Dan variabel motivasi juga terbukti berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan angka Adjusted R2 (R Square) sebesar 0,687 atau (68,7%). Hal ini menunjukan bahwa persentase sumbangan pengaruh variabel bebas (pekerjaan dan lingkungan ekonomi, gaya hidup, persepsi, dan motivasi) terhadap variabel terikat (keputusan pembelian) sebesar 68,7% sedangkan sisanya sebesar 31,3% yang dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini. |
en_US |