Abstract:
Pemasaran adalah salah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan, barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan, baik kepada pembeli yang ad maupun pembeli potensial. Tujuan dari penelitian adalah untuk melihat dan mengetahui hubungan antara kualitas produk, harga, promosi, citra merek, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah customer aktif PT. Rudolf Chemicals Indonesia, peneliti mengambil sample 110 responden dengan populasi total 144 customer. Variable yang dikaji dalam penelitian ini terdiri dari kualitas produk, harga, promosi, citra merek, dan kualitas pelayanan sebagai variable bebas serta keputusan pembelian sebagai variable terikat. Berdasarkan hasil perhitungan statistik menunjukkan nilai F hitung = 3.221 dengan menggunakan batas signifikansi 0,05, maka diperoleh nilai signifikansi 0,010 tersebut lebih kecil dari 0,05. Hal ini berarti bahwa hipotesis yang menyatakan bahwa secara simultan variabel kualitas produk, harga, promosi, citra merek, dan kualitas pelayanan mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian. Hasil perhitungan regresi dapat diketahui bahwa koefisien determinasi (R2) yang diperoleh sebesar 0,438. Hal ini berarti 42,7% variasi variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel Absensi kualitas produk, harga, promosi, citra merek, dan kualitas pelayanan, sedangkan sisanya sebesar 57,3% diterangkan oleh variabel lain yang tidak diajukan dalam penelitian ini.