Abstract:
Tujuan: penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengidentifikasikan bagaimana pengaruh “masing-masing” variabel. Kualitas produk, promosi, citra merek, atmosfer toko, harga dan keputusan pembelian konsumen untuk membeli dan menggunakan kosmetik tersebut.
Desain/Metodologi: Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dan data primer melalui kuesioner (google form). Ukuran sampel dalam penelitian ini adalah 300 responden yang bermayoritas berusia 18 tahun – 45 tahun yang pernah menggunakan kosmetik lokal. Teknik analisis data yang digunakan adalah SEM-PLS (Partial Leans Square – Structural Equation Modeling) melalui software PLS dan pengujian validitas konstruk dengan menggunakan analisa faktor (CFA) hipotesis diterima atau ditolak menggunakan nilai P.
Temuan/Hasil: Hasil dari pengujian hipotesis menunjukkan bahwa kualitas produk, atmosfer toko dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan promosi dan citra merek tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
Orisinalitas: Ini adalah studi pertama di President University yang mengeksplorasi semua variabel lebih lanjut dilakukan dalam kontek keputusan pembelian konsumen.