Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat faktor apa saja yang berhubungan dengan perilaku merokok para siswa di Jabodetabek, dan dapat menurunkan angka remaja merokok, diantara usahanya adalah seperti pembuatan regulasi yang mengatur iklan rokok di tempat umum, Sponsorship kegiatan pabrik rokok, penjualan rokok kepada anak di bawah umur, edukasi sejak dini dan berkelanjutan tentang rokok kepada para remaja dan sebayanya mengenai bahaya rokok. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan pendekatan cross sectional. Sample dalam penelitian ini sebanyak 397 responden, pengumpulan data menggunakan media kuesioner. Analisis data pada penelitian ini menggunakan PLS-SEM (Partial Least Square Structural Equation Model) kemudian data yang diperoleh dari kuesioner diolah dan dianalisis menggunakan perangkat lunak SmartPLS versi 3.0. Hasil penelitian ini berdasarkan uji T dan nilai P-Value yang ada pada path coefficient menunjukan bahwa hasil analisa didapatkan variabel yang memiliki pengaruh signifikan dengan Minat Merokok (Y) dan Perilaku (Z) merokok adalah Sikap Terhadap Iklan (X2), Keyakinan Normatif (X3), Sikap Terhadap Perilaku Merokok (X4), Sponsorship (X5). Sedangkan variabel yang tidak memiliki pengaruh signifikan adalah Teman Sebaya (X1).