Abstract:
Pt Indomobil Trada Nasional merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang otomotif, terdapat banyak cabang yang tersebar diseluruh Indonesia, salah satunya adalah cabang Cikarang, yang melayani sales, service, dan sparepart. Pada proses service sendiri terdapat dua jenis pekerjaan yaitu Periodic Maintenance dan General Repair. Ketika melakukan pekerjaan maintenance kelipatan 20.000 km pada bagian rem, teknisi mengalami rasa sakit setelah selesai melakukan pengecekan rem. Dengan melakukan analisis langsung dilapangan diketahui bahwa pengecekan rem dilakukan dengan posisi jongkok dan membungkuk. Kemudian dengan menggunakan kuesioner Nordic, didapatkan hasil bahwa rasa sakit yang paling besar dirasakan oleh teknisi adalah bagian punggung dan pinggang. Metode (RULA) digunakan untuk mengetahui skor pada setiap bagian tubuh teknisi saat melakukan pengecekan rem. Setelah dilakukan perhitungan di peroleh hasil dengan skor 7, dimana skor tersebut merupakan skor dengan level yang tinggi dan harus segera dilakukan perbaikan sekarang juga. Kemudian untuk memperbaiki masalah tersebut, dilakukan merubah postur tubuh dari jongkok dan membungkuk menjadi berdiri, dengan cara membuat alat bantu pengecekan rem.berupa troli cady, kemudian nilai skor (RULA) menjadi 4 atau turun sebesar 42,8%. Dampak lain adalah waktu mengalami penurunan sebesar 45,5% dari 21,68 menit menjadi 11,8 menit.