Abstract:
Hotel Sahid Jaya Lippo Cikarang merupakan salah satu hotel di Kabupaten Bekasi yang telah menerapkan standar bintang lima. Pada bagian pemeliharaan dan perbaikan (departemen engineering) memerlukan office yang memadai untuk penyimpanan spare part, tools, maupun tempat kerja atau meja kerja. Kondisi aktual office departemen engineering dapat dinyatakan kurang teratur. Ketidakteraturan yang dimaksud adalah penempatan yang masih asal, penyimpanan yang tercampur, serta belum memaksimalkan penempatan spare part dan tools mengakibatkan terhambatnya proses pekerjaan, menghambat waktu pengerjaan 10-15 menit. Waktu ini menjelaskan bahwa proses pekerjaan perbaikan dan pemeliharaan di hotel belum cukup baik pada pelaksanaannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan klasifikasi spare part dan tools serta lebih mudah untuk mencari dan menempatkan dan penyimpanan barang di office nantinya spare part yang disimpan diharapkan tidak menjadi kerugian. Metode untuk membantu menyelesaikannya adalah dengan penerapan metode class based storage, 5S dan sistem FIFO. Metode class based storage yaitu metode untuk mengelompokkan material berdasarkan suatu kesamaan tertentu. Metode 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, dan Shitsuke), dirancang untuk mengadakan penataan, pembersihan, memelihara kondisi yang mantap dan memelihara kebiasaan yang diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan dengan baik. Dan sistem FIFO untuk menata letak barang-barang secara berurutan sesuai tanggal atau waktu barang tersebut masuk. Diharapkan dari metode yang dipilih proses pekerjaan dan kondisi office dapat tertata, nyaman dan bersih, sehingga produktivitas karyawan dalam bekerja dapat meningkat. Pencarian maupun penempatan menjadi lebih efektif, karyawan dapat lebih cepat mencari peralatan serta spare part yang dibutuhkan. Setelah di terapkannya metode ini maka karyawan dapat mencari peralatan apa saja yang dibutuhkan hanya dalam waktu 1-7 menit tergantung banyaknya spare part maupun peralatan yang dibutuhkan.