Abstract:
Proses penerimaan karyawan baru adalah suatu hal yang biasa dilakukan oleh manajemen perusahaan untuk mendapatkan calon pelamar yang tepat dengan tugas dan tanggung jawab suatu pekerjaan untuk mencapai tujuan yang diinginkan oleh perusahaan. Penelitian ini dilakukan pada PT. XYZ Indonesia Club dengan tujuan untuk mengetahui seberapa penting peran dan kompetensi kerja yang dilakukan oleh departemen sumber daya manusia dalam mengantisipasi informasi hoax penerimaan karyawan baru. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis adalah wawancara dan dokumentasi yang dilakukan kepada karyawan yang pernah mengalami penipuan penerimaan karyawan baru dan manajer sumber daya manusia PT. XYZ Indonesia Club. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini menyatakan bahwa informasi hoax lowongan pekerjaan adalah sesuatu yang salah dan tidak bertanggung jawab. Hal tersebut dapat menimbulkan kerugian kepada korban yang menerima informasi tersebut. Hasil penelitian selanjutnya adalah strategi dan antisipasi informasi hoax bahwa masyarakat harus bisa mengembangkan pengetahuan teknologi dan wawasan agar terhindar dari informasi hoax lowongan pekerjaan dan selalu memverifikasikan keaslian dari berita yang diterimanya. Lalu seluruh informan mengatakan bahwa sosialisasi terhadap isu informasi hoax peting dilakukan oleh perusahaan dan pemerintah karena pengetahuan informasi hoax penerimaan karyawan baru belum merata di golongan tertentu.