Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh self-efficacy dan self-regulated learning terhadap prestasi akademik mahasiswa, baik secara parsial maupun secara bersamaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik purposive sample. Penelitian ini menggunakan kuesioner tentang self-efficacy dan self-regulated learning yang diadaptasi dari peneliti sebelumnya dan dikirim melalui google form ke semua mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Academic writing English 2 pada tahun akademik 2020/2021 di program studi manajemen di Universitas Presiden.. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan SEMPLS untuk mengetahui pengaruh self-efficacy, self-regulated learning dan dengan menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa self-efficacy memiliki pengaruh yang positif dan self-regulated learning memiliki pengaruh yang negatif yang sangat kecil dan secara simultan pengaruh self-efficacy dan self-regulated learning terhadap prestasi akademik mahasiswa selama masa pandemi covid19, merupakan model yang baik. Hal ini dapat dilihat dari nilai R2 sebesar 0,3; nilai Q2 sebesar 0,3; dan nilai GoF index sebesar 0,3881 yang menunjukkan bahwa model penelitian ini merupakan model prediktor yang baik dan memiliki kesesuaian dengan data yang digunakan.