Abstract:
Kemunculan pandemi Covid-19 membuat pemerintah menerapkan aturan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), dimana membuat hampir seluruh kegiatan seperti belajar dan bekerja perlu dilakukan dirumah untuk dapat meminimalisir penyebaran virus Covid-19. Namun sayangnya, selama pembelajaran daring berlangsung ditemukannya berbagai hambatan yang terjadi, sehingga berdampak kepada timbulnya stres, tingginya prokrastinasi, dan adanya penurunan motivasi selama belajar daring. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui adanya pengaruh stres, prokrastinasi, dan motivasi terhadap hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif. Populasi di dalam penelitian ini yaitu mahasiswa yang belajar secara daring dan kuliah di provinsi Jawa Barat yang jumlahnya tidak dapat diketahui. Sampel di dalam penelitian ini berjumlah 136 responden. Teknik pengambilan sampel dilakukan melalui alat bantu Google Forms dan peneliti menggunakan bantuan SPSS ver.25 dalam menganalisis data. Hasil penelitian yang telah diuji ialah: Stres berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap hasil belajar daring, Prokrastinasi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap hasil belajar daring, Motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar daring, dan Stres, Prokrastinasi, Motivasi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar daring.