Abstract:
Spare Wheel Carrier adalah komponen yang harus ada di kendaraan tugas berat. Fungsi dari bagian ini adalah untuk menyimpan roda tambahan untuk menangani tusukan yang mungkin terjadi pada ban. Bagian ini biasanya diletakkan di tengah kendaraan untuk menjaga posisi pusat gravitasi kendaraan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kekuatan SAPH 440 sebagai bahan pembuatan Spare Wheel Carrier dari satu perusahaan otomotif. Carrier Roda Spare akan menanggung beban ban pengganti untuk seluruh beban sikliknya. Beban itu sendiri akan menghasilkan tegangan dan regangan pada bagian tersebut, terutama pada sambungan las. Oleh karena itu, analisis harus dilakukan untuk memberikan perusahaan otomotif hasil untuk menentukan perbaikan yang harus dilakukan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan perangkat lunak CATIA untuk membuat model bagian tiga dimensi. Kemudian, kami mengimpor model ke perangkat lunak ANSYS untuk menganalisis tegangan setara, regangan elastis setara, deformasi arah, dan beban siklik untuk beban tetap, beban hidup, dan beban kejut. Perhitungan menunjukkan bahwa bagian tersebut dapat menahan gaya dari beban tetap, dengan perkiraan beban siklik 70.723 siklus. Tetapi untuk beban hidup, tegangan dan regangan akan terjadi di sekitar kekuatan luluh dan kekuatan limbang offset dan perkiraan beban siklik menurun secara signifikan menjadi 6.358,6 siklus. Lebih lanjut, hasil beban kejut menyatakan bahwa tegangan dan regangan melebihi kekuatan luluh dan mengurangi perkiraan beban siklik menjadi 1.843,9 siklus. Kesimpulannya, bahan ini terbukti aman untuk digunakan sebagai bahan pembuatan Roda Pengangkut.