Abstract:
Panel back door outer adalah komponen otomotif yang diproduksi oleh PT. XXX untuk pelanggan PT. XYZ. Komponen ini diaplikasikan sebagai pintu belakang mobil Xenia-Avanza. Panel back door outer merupakan produk utama dengan tingkat volume permintaan pelanggan yang sangat tinggi disetiap bulannya, sehingga sangat penting target permintaan pelanggan dapat dipenuhi oleh perusahaan. Bagaimanapun setiap permintaan mengandung unsur ketidakpastian, untuk itu diperlukan suatu metode peramalan yang akurat agar target penjualan bisa tercapai. Disisi lain kapasitas sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan perlu menjadi pertimbangan dan saling melengkapi dengan peramalan tersebut sehingga perusahaan dapat memenuhi permintaan pelanggan dengan tepat waktu dan tidak kehilangan kesempatan untuk mendapatkan keuntungan. Saat ini perusahaan tidak memiliki mekanisme peramalan yang baik dan tidak mempertimbangkan kapasitas produksi yang ada sehingga perusahaan banyak kehilangan kesempatan untuk mendapatkan keuntungan. Untuk mengatasi masalah ini maka perlu dibuatkan perencanaan dan pengendalian terhadap produk Panel back door outer yang akan produksi untuk memenuhi permintaan pelanggan yang disesuaikan dengan kapasitas produksi perusahaan. Dengan adanya perbaikan yang dilakukan dalam analisis ini maka didapatkan peningkatan kapasitas produksi dari 88.425 unit menjadi 99.325 unit terdapat kenaikan sebasar 12,3% yaitu 10.900 unit dan total biaya produksi dari Rp. 89.764.738 menjadi Rp. 85.807.045 ada penurunan biaya 4,41% sebesar Rp. 3.957.693.