Abstract:
PT. Muliaprima Packindo yang berlokasi di Karangsambung, Kedungwaringin, Bekasi,
Jawa Barat, didirikan pada tahun 2000, PT. Muliaprima Packindo adalah produsen kotak karton
bergelombang yang menyediakan solusi pengemasan untuk hampir semua industri—mulai dari
pengemasan standar hingga pengemasan yang disesuaikan sepenuhnya oleh permintaan
pelanggan.
Pembelian (purchase order) merupakan salah satu fungsi dasar dari sebuah
perdagangan. Kebutuhan akan pentingnya informasi juga dirasakan oleh PT. Muliaprima
Packindo dalam melakukan sistem pembelian, PT. Muliaprima Packindo masih menggunakan
pencatatan manual mulai dari penawaran harga dari supplier, permintaan barang dari bagian
gudang ke supplier, pencatatan penerimaan barang dari supplier ke bagian gudang. Proses
tersebut akan memakan waktu lebih lama bila dibandingkan dengan menggunakan sistem
komputerisasi serta rentan terjadinya dokumen hilang dan rusak. Terlebih, diperlukan approval
dari atasan yang berwenang dalam proses pembelian yang tentunya akan memakan waktu lebih
banyak karena atasan yang berwenang tidak selalu stand by di Kantor utnuk menyetujui
pembelian. Maka dari itu untuk mendukung kelancaran pembelian barang pada sistemperlu
dibuat sistem informasi yang dapat memberikan kemudahan terhadap proses pembelian,
sehingga informasi yang akurat dihasilkan secara tepat waktu dan pengolahan data dapat
berjalan lebih efektif.
Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat sistem purchase order yang dapat
membantu mempermudah dan mempercepat proses operasional pembelian dan memudahkan
dalam pengumpulan data untuk lapor