Abstract:
Kegiatan Purchase Order pada sebuah perusahaan dilakukan karena perusahaan tidak
mampu memenuhi sendiri kebutuhan bahan mentah (raw material) atau jasa untuk menunjang
proses bisnisnya. Karena itu dibutuhkan perusahaan lain atau disebut supplier sebagai pemasok
barang/jasa yang dibutuhkan melalui proses transaksi yang dinamakan dengan purchase order.
PT Ochiai Menara Indonesia adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang
manufaktur yang memproduksi sparepart kendaraan roda dua dan empat. Pada proses bisnis yang
berlangsung saat ini, transaksi purchase order yang dilakukan oleh departemen purchasing masih
menggunakan cara manual dengan memanfaatkan MS.OFFICE. Cara ini dinilai tidak efisien dan
memiliki resiko tinggi terjadinya kesalahan seperti salah input data dan double data. Selain itu PIC
akan membutuhkan waktu yang relatif lebih lama dalam melakukan create dan confirm PO.
Dari beberapa pokok masalah yang ditemukan di atas, diharapkan tugas akhir Sistem
Informasi Purchase Order yang dirancang ini, mampu membantu / mengurangi resiko yang
ditimbulkan oleh proses manual yang dijalankan saat ini. Sistem yang dirancang ini akan
melibatkan 3 departemen yaitu Purchasing, Gudang dan Accounting. Diharapkan sistem ini akan
berjalan mulai dari proses create PO, input penerimaan barang, input faktur tagihan dan terakhir
proses pengontrolan payment voucher. Dapat ditarik kesimpulan bahwa sistem yang dirancang
memiliki tujuan yang baik yaitu dengan memanfaatkan ilmu sistem informasi untuk mengubah
proses manual purchase order yang saat ini masih dilakukan oleh PT Ochiai Menara Indonesia.