President University Repository

ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS UNTUK MENGURANGI JUMLAH CACAT STAMP MODEL PADA PROSES FAN BLOWER ASSY DENGAN METODE SIX SIGMA DI PT XYZ

Show simple item record

dc.contributor.author Irawan, Eka Rudi
dc.date.accessioned 2024-11-18T03:07:10Z
dc.date.available 2024-11-18T03:07:10Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.uri http://repository.president.ac.id/xmlui/handle/123456789/12102
dc.description.abstract PT. XYZ termasuk salah satu pemasok aksesoris part terbesar untuk industri otomotif dengan menghasilkan produk Motor DC yang dirakit menjadi sepuluh komponen yang di perlukan pada sebuah mobil. Diantara produk-produk tersebut terdapat komponen yang memiliki fungsi sebagai sistem pendingin pada radiator cooling yaitu fan blower untuk menjaga suhu engine agar dapat menghindari terjadinya overheat. Namun tingkat defect yang tinggi sebesar 1.76 % proses line produksi fan blower assy mendorong perusahaan untuk melakukan investigasi dan peningkatan dari segi kualitas produk yang dihasilkan. Salah satu upayanya adalah dengan mengurangi presentase defect yang terjadi pada proses stamp pada produk fan blower. Metode yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan pendekatan metode six sigma dengan tahapan-tahapan seperti define, measure, analyze, improve dan control . Hasil dari penelitian ini memberikan informasi bahwa upaya-upaya perbaikan dilakukan pada tiga faktor, yakni faktor Method, faktor Man, serta faktor Machine. Evaluasi hasil perbaikan menunjukan bahwa perbaikan dari tiga faktor tersebut mampu menurunkan defect stamp model dari 1.46 % mejadi zero defect. Upaya-upaya perbaikan tersebut kemudian dilakukan standarisasi dengan cara membuat working instruction serta penetapan dimensi jig stamp pad. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.relation.ispartofseries Industrial Engineering;004201805041
dc.subject Pengendalian Kualitas en_US
dc.subject Metode Six Sigma en_US
dc.subject Zero defect en_US
dc.subject Working Instruction en_US
dc.subject Defect en_US
dc.subject Standarisasi en_US
dc.title ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS UNTUK MENGURANGI JUMLAH CACAT STAMP MODEL PADA PROSES FAN BLOWER ASSY DENGAN METODE SIX SIGMA DI PT XYZ en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Advanced Search

Browse

My Account