Abstract:
Laporan ini diusulkan untuk melakukan percobaan analisis kinerja pemasaran
pada COFFEE DO dimana kedai kopi ini tidak pernah memasang iklan apapun
sejak kedai kopi tersebut mulai beroperasi. Dengan menerapkan periklanan
melalui platform media sosial seperti Instagram dan influencer seperti food vlogger
dapat meningkatkan total kunjungan tamu dan pendapatan dalam sebulan. Di sisi
lain, platform pengiriman online juga digunakan dalam laporan ini seperti GoFood
dan GradFood sebagai platform pendukung. Percobaan dilakukan selama satu
bulan yaitu dengan membuat iklan dan mengundang food vlogger ke kedai kopi
serta membuat diskon dan promosi dalam beberapa hari untuk mengetahui
peningkatan total kunjungan tamu dan pendapatan per hari. Wawancara
mendalam juga digunakan dalam laporan ini untuk melacak umpan balik
pelanggan. Pada akhirnya terlihat adanya peningkatan yang signifikan dari total
kunjungan tamu dan pendapatan pada bulan Juli dan Agustus.