Abstract:
Kepuasan nasabah adalah kunci keberlangsungan sebuah bank karena memastikan
loyalitas nasabah, meningkatkan reputasi, dan mendukung pertumbuhan
pendapatan, sehingga membantu bank tetap kompetitif dan berkelanjutan dalam
jangka panjang. Pentingnya kepuasan nasabah untuk berkontribusi pada loyalitas,
membuat reputasi positif, pendapatan yang lebih tinggi, dan keunggulan kompetitif
dalam sektor perbankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari
kualitas layanan, kompetensi pegawai dan teknologi informasi terhadap kepuasan
nasabah deposito di BPR XYZ. Metode penelitian ini menggunakan metode
kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda dengan bantuan software IBM
SPSS versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas layanan,
komptenesi pegawai dan teknologi informasi berpengaruh positif secara parsial
maupun simultan terhadap kepuasan nasabah BPR XYZ. Variabel kepuasan
nasabah dapat dijelaskan oleh variabel kualitas layanan, kompetensi pegawai dan
teknologi informasi sebesar 47,5%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel
lain di luar penelitian.