dc.description.abstract |
Polusi udara menjadi salah satu masalah yang diperhatikan oleh seluruh negara, termasuk Indonesia. Buruknya
kualitas udara menjadi tantangan tiap tahunnya. Kondisi ini sangat berpengaruh terhadap kesehatan makhluk
hidup. Greenpeace merupakan sebuah jaringan global organisasi kampanye independen yang fokus pada isu-isu
lingkungan, ikut menyuarakan isu polusi udara di media Detikcom. Kampanye tersebut menarik perhatian untuk
diteliti, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis representasi kampanye yang dilakukan oleh Greenpeace
tentang isu polusi udara (Periode 2016-2017) di Detikcom. Penelitian ini menggunakan metode penelitian
kualitatif, yang berfokus pada analisis isi. Hasil dari penelitian ini antara lain: 1) Bahwa penyajian berita Detikcom
tentang kampanye isu polusi udara yang dilakukan oleh Greenpeace pada periode 2016 sampai 2017 sudah
cukup layak untuk dimuat berdasarkan data-data yang akurat; 2) Bahwa berita pertama yang dimuat oleh
Detikcom direpresentasikan sebagai masalah yang serius bagi masyarakat dan pemerintah; 3) Bahwa berita
kedua yang dimuat oleh Detikcom direpresentasikan sebagai bentuk-bentuk pengorbanan yang dilakukan oleh
para aktivis untuk mengkampanyekan polusi udara di London, Inggris. |
en_US |