dc.description.abstract |
Dewasa ini penggunaan platform media sosial semakin berkembang sebagai wadah untuk
mengekspresikan diri ataupun melakukan branding. Dengan beragamnya platform media
sosial, pemanfaatan media sosial tentu menjadi lebih besar. Platform media sosial terkenal di
dunia berdasarkan jumlah pengguna salah satunya adalah Tik Tok. Dalam proses membangun
kesadaran merek melalui media online seperti Tik Tok, pemahaman akan literasi digital dan
kreativitas menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Penelitian ini bertujuan untuk
menemukan efek literasi digital serta kreativitas konten pada media sosial Tik Tok untuk
meningkatkan kesadaran merek pada Generasi Z dan mengetahui seberapa besar pengaruhnya.
Populasi penelitian terdiri dari individu dari Generasi Z yang aktif menggunakan Tik Tok.
Penelitian ini menerapkan pendekatan penelitian kuantitatif dengan menerapkan teknik
probabilitas sampel. Metode pengumpulan data primer memanfaatkan survey online
menggunakan kuesioner terstruktur yang didistribusikan kepada 100 responden menggunakan
skala likert dengan 5 pilihan jawaban. Terdapat 3 bagian kuesioner yaitu literasi digital dengan
19 aitem, kreativitas dengan 19 aitem, dan kesadaran merek dengan 14 aitem. Didapatkan hasil
uji reliabilitas untuk data kuesioner literasi digital sebesar 0,866, kreativitas sebesar 0,921, dan
kesadaran merek sebesar 0,907. Data dianalisis menggunakan uji kualitas data, uji asumsi
klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, serta uji heteroskedastisitas), dan uji regresi
berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi digital dan kreativitas secara simultan
mempengaruhi kesadaran merek. Selain itu, variabel literasi digital berpengaruh secara parsial
terhadap kesadaran merek serta variabel kreativitas berpengaruh secara parsial terhadap
kesadaran merek. |
en_US |