President University Repository

PENGARUH LITERASI DIGITAL DAN KREATIVITAS KONTEN PADA MEDIA SOSIAL TIK TOK UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN MEREK PADA GENERASI Z

Show simple item record

dc.contributor.author Lidiana, Tania
dc.date.accessioned 2025-06-23T06:56:06Z
dc.date.available 2025-06-23T06:56:06Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.uri http://repository.president.ac.id/xmlui/handle/123456789/13032
dc.description.abstract Dewasa ini penggunaan platform media sosial semakin berkembang sebagai wadah untuk mengekspresikan diri ataupun melakukan branding. Dengan beragamnya platform media sosial, pemanfaatan media sosial tentu menjadi lebih besar. Platform media sosial terkenal di dunia berdasarkan jumlah pengguna salah satunya adalah Tik Tok. Dalam proses membangun kesadaran merek melalui media online seperti Tik Tok, pemahaman akan literasi digital dan kreativitas menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan efek literasi digital serta kreativitas konten pada media sosial Tik Tok untuk meningkatkan kesadaran merek pada Generasi Z dan mengetahui seberapa besar pengaruhnya. Populasi penelitian terdiri dari individu dari Generasi Z yang aktif menggunakan Tik Tok. Penelitian ini menerapkan pendekatan penelitian kuantitatif dengan menerapkan teknik probabilitas sampel. Metode pengumpulan data primer memanfaatkan survey online menggunakan kuesioner terstruktur yang didistribusikan kepada 100 responden menggunakan skala likert dengan 5 pilihan jawaban. Terdapat 3 bagian kuesioner yaitu literasi digital dengan 19 aitem, kreativitas dengan 19 aitem, dan kesadaran merek dengan 14 aitem. Didapatkan hasil uji reliabilitas untuk data kuesioner literasi digital sebesar 0,866, kreativitas sebesar 0,921, dan kesadaran merek sebesar 0,907. Data dianalisis menggunakan uji kualitas data, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, serta uji heteroskedastisitas), dan uji regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi digital dan kreativitas secara simultan mempengaruhi kesadaran merek. Selain itu, variabel literasi digital berpengaruh secara parsial terhadap kesadaran merek serta variabel kreativitas berpengaruh secara parsial terhadap kesadaran merek. en_US
dc.language.iso en_US en_US
dc.publisher President University en_US
dc.relation.ispartofseries Communication;009202105002
dc.subject Generasi-Z en_US
dc.subject Literasi-Digital en_US
dc.subject Kreativitas en_US
dc.subject Kesadaran-Merek en_US
dc.title PENGARUH LITERASI DIGITAL DAN KREATIVITAS KONTEN PADA MEDIA SOSIAL TIK TOK UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN MEREK PADA GENERASI Z en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Advanced Search

Browse

My Account