Abstract:
Laju pertumbuhan moda transportasi kendaraan bermotor mengalami pertumbuhan yang significant baik roda 4 maupun roda 2, Rata-rata 10 % setiap tahunnya. Untuk menjawab kebutuhan ban yang semakin besar tidak bisa lepas dari adanya masalah dalam rantai pasok (supply chain), diantaranya kendala dalam proses customer order. Delay produksi menjadi salah satu penyebab tidak terpenuhinya order dari customer. Hal tersebut terjadi karena proses order customer yang bermasalah baik dari sisi time of submission order, perubahan order maupun pembatalan order. Penelitian ini akan membahas mengenai kaizen proses (perbaikan) dengan metode PDCA yang meliputi Brainstorming, Diagram sebab akibat (Fishbone diagram), Pengumpulan data (data collection), Pareto Chart dan Histogram. Metode-metode ini akan digunakan PT. Multistrada Arah Sarana, Tbk untuk mengurangi delay produksi sebesar 40% sehingga dapat membantu perusahaan didalam perbaikan dengan memfokuskan pada moving size dengan tingkat keberhasilan 80 %. Metode ini dapat membantu perusahaan didalam menemukan penyebab utama dari timbulnya permasalahan ini serta dapat pula menemukan penanganan yang paling tepat didalam mengatasi permasalahan ini agar di kemudian hari.