Abstract:
Penelitian ini merupakan penelitian survey pada calon pembeli mobil Honda Freed di PT. Prospect Motor, Cikarang. Penelitian ini mengambil judul: “Analisis Pengaruh Harga, Desain, dan Fitur Terhadap Minat Beli Konsumen Mobil Honda Freed Pada PT. Prospect Motor, Cikarang”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh dari harga, desain dan fitur terhadap minat beli konsumen mobil Honda Freed di Prospect Motor Cikarang. Populasi dalam penelitian ini adalah calon pembeli mobil di PT. Prospect Motor selama tahun 2015. Jumlah responden yang diambil untuk sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 180 responden dengan tingkat kesalahan yang ditoleransi 5%. Metode yang digunakan adalah Purposive sampling method. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan uji t: (1) Harga dan Desain berpengaruh signifikan terhadap miat beli, (2) Fitur tidak berpengaruh signifikan terhadap miat beli. (3) Harga, Desain, dan Fitur secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap minat beli mobil Honda Freed. Pada penelitian ini diperoleh angka Adjusted R Square sebesar 0,480, hal ini menunjukkan bahwa variabel harga, desain, dan fitur mempunyai pengaruh terhadap minat beli sebesar 48%, sedangkan sisanya sebesar 52% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini. Implikasi dari penelitian ini yaitu upaya meningkatkan miat beli konsumen Honda Freed. Pihak PT. Prospect Motor perlu memperhatikan variabel harga, desain, dan fitur. Upaya yang dapat dilakukan diantaranya adalah penetapan harga yang lebih kompetitif dibandingkan dengan kompetitor pada produk mobil jenis MPV. Merancang desain yang inovatif agar memberikan kesan luxury, misalnya dengan mendesain atap dengan model sunroof, dan menambah lekukan pada body external sehingga dapat memberikan kesan aerodinamis, serta penambahan fitur yang lebih bermanfaat seperti engine stop, automatic miror agar dapat menjadikan daya tarik tersendiri bagi sebuah produk.