Abstract:
Tujuan objektif dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tingkat kepuasan pelanggan, kebutuhan mencari variasi, atribut produk dan promosi terhadap keputusan perpindahan merek dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan terhadap responden yang pernah menggunakan smartphone merek Blackberry di Cikarang . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada responden dengan jumlah 100 sampel. Hasil uji F menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pelanggan, kebutuhan mencari variasi, atribut produk, dan promosi berpengaruh terhadap keputusan perpindahan merek. Sementara hasil uji T menunjukkan bahwa variabel tingkat kepuasan pelanggan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan perpindahan merek, sedangkan tiga variabel lainnya yaitu kebutuhan mencari variasi, atribut produk, dan promosi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan perpindahan merek. Hasil uji R2 (Adjusted R square) menunjukkan bahwa keseluruhan variabel bebas berpengaruh sebesar 27,7% terhadap keputusan perpindahan merek, sedangkan 72,3% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.