Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan yang dirasakan oleh pelanggan PT. Hiromindo Perkasa. Variable yang digunakan ialah Bukti fisik (X1), Kehandalan (X2), Daya tanggap (X3), Jaminan (X4) dan Empati (X5). Metode penelitian ini mengunakan Random sampling dan analisis linear berganda dan populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen yang pernah berkunjung ke PT. Hiromindo Perkasa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Hasil penelitian menyatakan variabel bukti fisik, keandalan, ketanggapan, jaminan, dan empati berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan. sementara hasil uji F atau simultan sebesar 29.052 dengan signifikasi lebih kecil dari 0,05. Hal ini berarti semua variabel berpengaruh secara bersama-sama terhadap kepuasan pelanggan. sedangkan uji determinasi adalah 0.586 yang berarti 58.6 % kepuasan mahasiswa dipengaruhi oleh bukti fisik, keandalan, ketanggapan, jaminan dan empati, sedangkan sisanya diterangkan oleh faktor lain yang tidak diteliti.