Abstract:
Salah satu masalah umum yang ser ing dihadapi oleh PT Mondelez Indonesia Manufacturing adalah tidak tercapainya target output produksi, besarnya biaya yang dikeluarkan akibat dari kerusakan mesin (downtime) dan banyaknya permintaan perbaikan (work order) yang belum selesai . Disini dibutuhkan peranan departemen engineering untuk melakukan perbaikan dan perawatan semua mesin produksi. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat dan mengetahui kualitas pelayanan meliputi faktor bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati terhadap kepuasan departemen produksi di PT Mondelez Indonesia Manufacturing cikarang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriftif kasual, populasi dalam penelitian ini adalah semua karyawan departemen produksi yang melakukan reservasi work order melalui green meeting, email dan sistem SAP. Sedangkan teknik pengumpulan data melalui observasi dan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi.
Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan menghasilkan persamaan
regresi seperti berikut Y = 3 768 + 034 X 1 + 397 X 2 + 332 X 3 + 189 X 4 +
0, 549 X 5 . Sementara hasil uji F atau simultan besar 17,39 dengan signifikasi lebih kecil dari 0,05 Hal ini berarti semua variabel berpengaruh secara bersama sama terhadap kepuasan departemen produksi. Nilai koefisien determinasi (R 2 ) adalah sebesar 0, 754. Hal ini dapat diartikan bahwa variabel independen bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati dapat menjelaskan variabel dependen kepuasan departemen produksi sebesar 75 4 %, sedangkan sisanya diterangkan oleh faktor lain yang tidak diteliti.