Abstract:
PT. XYZ adalah sebuah perusahaan multinasional yang bergerak dibidang komponen otomotif. Perusahaan ini merupakan perusahaan penanaman modal asing dimana mempunyai head quarter di negara Jepang. Di era yang modern ini banyak pesaing dalam menciptakan kualitas yang terbaik untuk konsumen, perusahaan-perusahaan tersebut berupaya untuk menjaga efisiensi dalam proses manufaktur salah satunya dengan mengurangi defect atau cacat produk. Guna meningkatkan kualitas produk dan menurunkan defect, maka dilakukan penelitian dengan menggunakan metode QFD (Quality Function Deployment). Tahapan ini akan dibantu dengan cara Voice of Costumer yang berguna dalam mengetahui keinginan para konsumen dan untuk meningkatkan kualitas dengan cara menggunakan House of Quality. Setelah tahapan itu selesai maka dilakukan analisa desain yang cocok pada produk. Penggambaran di lakukan dengan sangat teliti dalam mencari desain yang terbaik dalam memenuhi kebutuhan. Hasil akhir yang diperoleh dari penelitian ini adalah berkurangnya defect menjadi 0,64% dari sebelumnya sebesar 4,28%.