Abstract:
Memenuhi kepuasan pelanggan/customer digunakan berbagai cara yang terbaik yang akan dilakukan oleh suatu perusahaan guna menjaga pelanggan agar tetap ada. Customer satisfaction adalah goal dari suatu projek yang bersumber dari competitive price, good product dan good services. Pada salah satu customer terdapat masalah pada beban kerja operator yang bekerja dengan manual melakukan pengambilan material hingga pemasangan material dan akan dilakukan analisis dan perbaikan agar operator bisa mengurangi beban kerja operator, ergonomis dalam bekerja dan dapat merealisasikan alat bantu dengan harga yang kompetitif. Oleh karena itu, tahapan pertama dilakukan studi, pengecekan ke lapangan, interview pada operator termasuk menuliskan keluhan-keluhan operator pada saat bekerja, kemudian dilakukan analisis menggunakan Nordic Body Map. Setelah didapatkan nilai pada keluhan tersebut di analisis kembali dengan perhitungan REBA (Rapid Entire Body Assasment) untuk mengetahui berapa skor total keluhan secara menyeluruh lalu dibandingkan 3 konsep rekomendasi customer dilanjutkan dengan pemilihan dengan screening konsep dan scoring konsep. Konsep yang dipilih disimulasikan konsep tersebut dengan perhitungan REBA serta pada tahapan terakhir dibandingkan dengan konsep manipulator Jepang dengan buatan lokal yang sudah di modifikasi, untuk itu harganya bisa turun hingga 29.76% dari harga Manipulator Jepang Rp 454.000.000 sampai menjadi Rp 319.000.000 harga yang dikerjakan dilokal dengan beberapa perubahan dari konsep awal. Maka, dengan cara tersebut bisa memenangkan persaingan dengan pesaing yang ada.