Abstract:
PT Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan yang bergerak dibidang retail untuk menunjang kebutuhan di industri. Saat ini penjualan di PT Kawan Lama Sejahtera Branch Karawang belum sesuai dengan target penjualan perusahaan. Pada tahun 2018 penjualan hanya mencapai 74,95% dari target minimal 80%. Untuk itu diperlukan upaya untuk mengetahui permasalahannya yaitu dengan menganalisa menggunakan marketing mix meliputi produk, harga, promosi, dan lokasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui menganalisa pengaruh marketing mix serta variabel dari marketing mix yang perlu menjadi skala prioritas peningkatan. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan PT Kawan Lama Sejahtera Branch Karawang dengan total 245 perusahaan dan sampel 71 perusahaan. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis data responden, analisis deskriptif, analisis gap, serta Importance Performance Analysis (IPA). Pernyataan yang digunakan berdasarkan variabel metode marketing mix dengan hasil uji validitas harus dinyatakan valid. Sedangkan untuk hasil uji reliabilitas harus dinyatakan reliabel. Kemudian analisis data profil responden berdasarkan usia dan jenis kelamin. Kemudian menghitung total mean dari hasil kuesioner dan menggunakan analisis gap. Setelah itu dilakukan importance performance analysis (IPA) dengan membuatkan diagram matriks. Hasilnya variabel harga menjadi skala prioritas peningkatan dengan hasil analisis gap terbesar (-1,52) dan berada di kuadran A.