Abstract:
Semakin meningkatnya akses masyarakat terhadap internet, khususnya pada situs online shop Zalora. Dimana pada situs Zalora, terdapat produk-produk fashion dari wanita hingga pria dan adanya transaksi jual-beli pada situs tersebut. Artinya ada fenomena mengenai pembelian produk melalui situs online Zalora yang berkembang pada masyarakat. Adapun masalah penelitian ini adalah “faktor-faktor apa sajakah yang dapat menentukan keputusan pembelian?”. Penelitian ini secara khusus menguji empat variabel yaitu kualitas produk, harga, promosi dan proses. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh empat variabel tersebut terhadap keputusan pembelian online shop Zalora. Setelah dilakukan tinjauan pustaka dan penyusunan hipotesis, diperoleh data dari penyebaran kuesioner 100 responden mahasiswa kelas reguler malam Universitas Presiden, yang diperoleh dengan menggunakan purposive sampling, kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dengan menggunakan analisis data secara kuantitatif. Analisis kuantitaif meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis mealui uji t dan uji F, serta analisis koefisien determinasi(R 2). Analisis kuantitatif merupakan interpretasi dari data-data yang diperoleh dalam penelitian serta hasil pengolahan data yang sudah dilaksanakan dengan memberi keterangan dan penjelasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien determinasi yang terlihat pada Adjusted R Square sebesar 0,607 yang berarti bahwa keputusan pembelian pengaruhnya dapat dijelaskan oleh keempat variabel independen dalam penelitian ini yaitu kualitas produk, harga, promosi dan proses sebesar 60,7%, dan sisanya yaitu 39,3% dapat dijelaskan oleh variabel lain di luar model penelitian ini. Secara parsial berdasarkan hasil uji t variabel-variabel dalam penelitian ini berpengaruh positif dan signifikan dimana kualitas produk memiliki pengaruh terbesar dibandingkan variabel lain dalam penelitian ini, sedangkan proses memiliki pengaruh paling rendah terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan atau bersama-sama variabel dalam penelitian ini yaitu kualitas produk, harga, promosi dan proses berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Oleh karena itu, untuk meningkatkan keputusan pembelian dapat dilakukan dengan cara meningkatkan kualitas produk, penetapan harga yang bersaing, iklan-iklan yang menarik dan proses yang mudah dalam berbelanja terhadap calon konsumen.