Abstract:
PT XYZ adalah perusahaan yang bergerak di bidang manufacturing otomotif, dimana perlu untuk terus menerus meningkatkan kinerja produktifitasnya untuk meningkatkan keuntungan sebesar-besarnya dengan berusaha menurunkan biaya, meningkatkan kualitas dan tepat waktu dalam pengiriman produk ke pelanggan. Untuk mencapai tujuan tersebut perusahaan harus mengetahui berbagai masalah yang sedang di hadapi pada proses produksi untuk continuous improvement guna meningkatkan nilai tambah sebuah produk.
Lini produksi A adalah salah satu lini produksi yang menghasilkan produk untuk dikirim ke pelanggan PT.AH, masalah yang sedang di hadapi lini tersebut adalah tingginya keluhan pelanggan pada bulan November 2017 sebanyak 13178pcs dikarenakan produk lini A mendapatkan priorias pemeriksaan dari PT AH. Metode yang bagus untuk menganalisis masalah pada proses produksi tersebut adalah PDCA( Plan, Do, Check, Action) dengan Alat untuk mengidentifikasi masalah tersebut untuk digunakan adalah QC Seven Tools(7 Tools).
Berdasarkan analisis yang ada diperoleh bahwa keluhan pelanggan yang diterima oleh PT
XYZ adalah sebanyak 13178pcs di bulan November 2017, sehingga dibutuhkan suatu perbaikan proses untuk dapat menurunkan masalah part 10% atau keluhan pelanggan turun dari 1378pcs menjadi 11861pcs di bulan Desember 2017 serta dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan.