Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Pengaruh nilai antara jenis produk yang ditawarkan oleh agen konvensional dan agen travel online (OTA) terhadap keputusan pemilihan jenis travel. 2) Pengaruh nilai antara jenis promosi yang digunakan oleh agen konvensional dan agen travel online (OTA) terhadap keputusan pemilihan jenis travel. 3) Pengaruh nilai antara tingkat efisiensi yang diterapkan oleh agen konvensional dan agen travel online (OTA) terhadap keputusan pemilihan jenis travel. 4) Pengaruh nilai antara pelayanan yang diberikan oleh agen konvensional dan agen travel online (OTA) terhadap keputusan pemilihan jenis travel. 5) Pengaruh nilai antara kepercayaan yang diberikan oleh agen konvensional dan agen travel online (OTA) terhadap keputusan pemilihan jenis travel. Desain penelitian ini merupakan penelitian survei. Populasi pada penelitian ini adalah pengguna biro perjalanan (travel) online di wilayah Jabodetabek dan yang sering menggunakan aplikasi perjalanan online selama periode 1 januari 2018 sampai dengan desember 2018. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 200 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian ini adalah analisis anova atau perbandingan. Dengan diadakannya penelitian ini diharapkan dapat diketahui mengenai apa saja yang menjadi faktor dominan yang dapat mempengaruhi peningkatan penggunaan jasa biro perjalanan (travel) online dan akan menjadi pertimbangan pula bagi jasa travel konvensional untuk beralih menggunakan system online