Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kondisi persaingan e-commerce atau e-marketplace yang semakin ketat di Indonesia kemudian perusahaan memerlukan strategi agar tetap bertahan dan meraih pangsa pasar yang lebih luas. Hal yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana faktor promosi, celebrity endorser, e-service quality dan harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian untuk produk mobile and electronic di shopee. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang kemudian kuesioner disebar dan diisi oleh responden yang berada dan melakukan aktifitasnya di Jabodetabek serta mereka juga sudah pernah melakukan pembelian produk mobile and electronic di shopee. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel promosi, celebrity endorser dan harga berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian produk mobile & electronic di shopee, untuk variabel e-service quality marupakan satu satunya variabel yang tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk mobile & electronic di shopee. Kemudian secara simultan variabel promosi, celebrity endorser, e-service quality dan harga mempengaruhi sebesar 70,7% terhadap keputusan pembelian produk mobile and electronic di shopee, sedangkan sisanya 29,3% ditentukan oleh faktor lain yang bukan dari penelitian ini.