Abstract:
Dengan banyaknya popularitas di media sosial seperti facebook berteori dan memahami minat untuk menggunakan iklan facebook dan kebiasaan menggunakan sistem situs media sosial merupakan hal dasar dalam mengembangkan pemahaman di masa depan dan penyebaran teknologi baru ini. Salah satu pendekatan untuk studi tersebut pada pendorong minat penggunaan media sosial adalah untuk meninjau kembali model penerimaan teknologi (TAM). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membahas masalah ini dengan melakukan pengembangan model dengan menggabungkan variabel-variabel seperti, persepsi kemanfaatan, persepsi kemudahan penggunaan, kapabilitas, persepsi kesenangan, dan norma subjektif agar dapat mengeksplorasi faktor-faktor yang dapat mempengaruhi minat untuk menggunakan iklan facebook. Populasi dalam penelitian ini adalah wilayah Jabodetabek. Sampel dalam penelitian ini berjumlah sebanyak 242 orang yang ditentukan menggunakan purposive sampling melalui media kuesioner. Data yang diperoleh dari kuesioner kemudian diproses dan dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS versi 26 dan SmartPLS 3.2.8. Hasil analisis menunjukan bahwa persepsi kemudahan penggunaan terhadap persepsi kemanfaatan hasilnya signifikan dan persepsi kemanfaatan, persepsi kesenangan, norma subjektif secara signifikan mempengaruhi minat untuk menggunakan.