Abstract:
Penjualan merupakan salah satu kegiatan yang paling penting bagi kebanyakan perusahaan. Penjualan menjadi sumber pendapatan utama perusahaan. Hal ini dianggap baik bagi perusahaan jika banyak penjualan terjadi. Namun, merupaka masalah jika sebagian besar di kredit atau tidak dibayar oleh customer. Oleh karena itu, pengendalian internal penjualan sangat penting bagi perusahaan. Ini adalah penulisan kualitatif dengan pendekatan verifikatif. Metode pengumpulan, pengolahan dan evaluasi data digunakan berdasarkan jenis pendekatan bukti dalam audit yang menjadi pertanyaan klien (kuesioner dan wawancara), observasi yang meliputi pengamatan atau aktivitas kerja yang berkaitan dengan proses dan dokumentasi kegiatan penjualan dengan memeriksa dokumen, yang mencakup langkah-langkah dari order penjualan ke faktur dokumen. Hasil tesis tersebut adalah berdasarkan pada temuan, penulis merekomendasikan perusahaan untuk mengeluarkan peraturan atau kebijakan tertulis tentang batas kredit, uraian tugas. Semua rekomendasi tersebut diatur dalam surat manajemen untuk meminimalkan risiko dan memperbaiki pengendalian manajemen perusahaan.